Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ebook atau buku cetak? mana yang lebih baik?

Ebook dan buku cetak saat ini keduanya telah telah memiliki penggunanya masing - masing. Jika pada jaman dulu orang orang hanya memakai dan nyaman dengan buku cetak, tapi tidak lagi sekarang.

Ebook sekarang ini kerap menghiasi kebiasaan membaca era ini khususnya bagi kaum mellinial dan generasi Z.

Dengan berkembangnya tekologi yang sangat cepat pesatnya, membuat teknologi ini memasuki ranah kemudahan manusia untuk mendapatkan ilmu,

Bagaimana tidak.

Yang dulunya kita harus ke toko buku dan memiliki beberapa space dirumah atau kamar kita yang berfungsi sebagai rak buku, namun semua itu sudah berubah sekarang.

Ebook atau buku cetak mana yang lebih baik


Era ini memperkenal kita pada kebiasaan membeli, membaca dan menyimpan buku hanya dari satu tempat yaitu gadget kita sendiri.

Termasuk juga telah masuk kelini media cetak koran, majalah dll yang mana semuanya sudah bisa kita akses semuanya dari internet.


Syaratnya cuma satu, yaitu selama kita memiliki gadget seperti smartphone maka kita akan mudah untuk membaca buku kita gadjet kita tersebut.



Buku elektronik (e-book)

Seperti yang saya bilang tadi, bahwa teknologi telah mempermudah aktifitas manusia dalam dunia baca tulis untuk mendapatkan ilmu bahkan Banyak yang gratis lagi.

Nah lho..
Enak sekali kan?

Ebook sendiri terdapat yang berbayar dan juga ada yang gratis yang bisa teman - teman dapatkan di beberapa website yang teman - teman kunjungi diinternet.

Untuk topik pun beragam yagn seseuai dengan kebutuhan teman - teman.

Trus bagaimana nasib buku cetak ditengah gempuran dari e-book ini?

Ebook atau buku cetak mana yang lebih baik

Keduanya masih kita butuhkan keberadaannya sekarang ini. Baik itu buku cetak ataupun ebook. Berikut ini saya akan ulas beberapa kelebihan dan kekurangan dari buku ceta dan ebook.

1. Buku cetak aksesnya awalnya cepat

Kelebihan buku cetak yang paling terlihat adalah kemudahan untuk aksesnya pada saat kita ingin membacanya. kita hanya perlu mengambil buku tersebut dan membuka halaman yang kita tuju dengan cepat.

Lain halnya jika itu berbentuk ebook yang mana kita harus membuka komputer terlebih dahulu kemudian mencari file ebook tersebut, baru kemudian kita bisa membaca buku tersebut.

Walalupun saat ini sudah ada tablet atau smartphone, hal tersebut juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berselancar pada setiap halaman dari ebook tersebut, kita perlu mengetik halaman satu persatu untuk bisa langsung pergi kehalaman tertentu.

Lain halnya buku cetak yang mana kita tinggal swipe sebanyak dan sesuka kita dengan cepat.

2. Buku cetak lebih enak dibaca lama

Radiasi komputer atau layar gadget untuk membaca buku terkadang membuat kita tidak nyaman dalam membaca buku dalam waktu yang lama.

Hal inilah yang membuat kita tetap setia untuk menggunakan buku cetak dan sulit beralih ke ebook.

Namun seperti yang telah saya ungkapkan diatas, bahwa teman - teman perlu mempersiapkan space dikamar atau rumah teman - teman untuk buku tersebut.


3. Ebook lebih mudah dan lebih akurat

Untuk hal ini ebook lebih mudah dan lebih akurat dibandingkan dengan buku cetak.

Untuk buku cetak anda perlu pergi percetakan atau toko buku unutk mendapatkan buku atau tulisan yang anda cari.

Terlebih anda membeli buku yang tidak tepat atau tidak sesuai informasi yang anda cari, maka anda perlu membeli buku lagi. Yang dari proses panjang ini anda akan lebih banyak menghabiskan sumber uang dan waktu.

Beda halnya dengan ebook, anda tidak perlu untuk pergi ek percetakan atau toko buku untuk mencari ebook atau tulisan yang anda cari.

Anda cukup duduk manis di depan komupter atau gadget anda, kemudian ketikkan kata kunci dari informasi yang sedang anda cari.

Maka setelahnya anda akan menemukan beberapa hal baik berupa artikel, ebook gratis hinggal ebook premium yang terkait dari informasi yang sedang anda cari.

Sehingga dengan cara ini, akan membuat anda lebih mudah untuk mendapatkan ebook dan informasi yang tepat dan tentunya lebih akurat.

4. E-book memiliki penyimpanan yang simpel

Berbicara space penyimpanan disini juga ebook menang jauh dari buku cetak.

Mengapa demikian?
karena anda bisa menyimpan puluhan ebook anda atau bahkan ribuan ebook anda di gadget anda sepanjang waktu.

Bahkan anda bisa menyimpannya di online storage anda seperti google drive atau one drive anda. Sehingga anda bisa membukan ebook anda di gadget mana pun yang anda suka.

Hal ini tidak berlaku untuk buku cetak. Karena anda harus memiliki space di tempat anda untuk menaruh buku tersebut di tempat yang layak. Apalagi buku anda sudah puluhan hingaa ratusan jumlahnya, maka anda perlu rak besar atau ruangan khusus untuk menyimpan buku - buku tersebut.

Juga, anda tidak membawa buku cetak anda dengan mudah seperti hal nya ebook yang bisa di simpan aman dan nyaman di smartphone atau online storage.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai ulasan mengenai ebook dan buku cetak yang mana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing.

Baca juga ya :

Post a Comment for "Ebook atau buku cetak? mana yang lebih baik?"