Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara berpenghasilan dari blogger Lengkap dan Terbukti!

Kami akan jujur: blogging bukan cara termudah untuk menghasilkan uang. Tapi, yang hebat adalah siapa pun bisa melakukannya, dan itu terlihat luar biasa pada CV Anda.

Yang Anda butuhkan adalah sesuatu yang menarik untuk dikatakan dan cukup kesabaran dan dedikasi untuk membangun lalu lintas dan pengikut. Tetapi bagaimana blogger yang sukses menghasilkan uang? Kami telah mewawancarai beberapa dari mereka untuk mengungkap rahasia monetisasi mereka.

Panduan kami memberi Anda rencana tindakan nyata untuk membuat blog Anda berkembang dan menumbuhkannya menjadi bisnis kecil yang menguntungkan dari rumah.


Apa yang ada di panduan ini?
  1. Cara memulai blog
  2. Apa niche yang tepat
  3. Cara meningkatkan traffic blog Anda
  4. Cara menghasilkan uang dari blogging
  5. Tantangan monetisasi terbesar

Cara memulai blog

Memulai  blog bisa terasa seperti ladang ranjau, terutama jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan teknologi.

Anda memiliki dua opsi utama ketika benar-benar mengatur sebuah blog - Anda dapat menggunakan platform blogging gratis, atau Anda dapat membuat situs web sendiri. Kami akan menjelaskan Anda melalui keduanya, dan menguraikan pro dan kontra mereka, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk Anda dan blog Anda.

Cara memulai blogging dengan blogger dan wordpress

Hal ini adalah pilihan Terbaik untuk: Blogger tujuan personal dan mereka yang tidak tertarik menghasilkan uang dari blog mereka.

Kelebihan: Super mudah diatur dan benar-benar gratis.

Kekurangan: Batasan pada kustomisasi dan upload video / gambar, Anda sering tidak dapat menempatkan iklan atau menggunakan tautan afiliasi, Anda tidak dapat membuat URL khusus dan platform berhak untuk menghapus blog Anda.

Misalnya Blogger hanya 15GB file

Banyak platform yang memungkinkan Anda membuat blog gratis, dan sangat mudah digunakan. Jika Anda hanya ingin blog dengan santai pada awalnya, ini bisa cocok untuk Anda.

Tapi, platform blog gratis bisa sangat membatasi. Anda hanya dapat menyesuaikan hingga batas tertentu, dan blog Anda akan memiliki batas penyimpanan yang dapat mempersulit mengunggah video dan gambar besar.

Kelemahan lain adalah bahwa URL blog Anda akan seperti 'www.yourblog.wordpress.com' dengan branding platform.

Sebagian besar platform blog gratis juga tidak memungkinkan Anda menempatkan iklan banner atau tautan afiliasi di situs Anda, yang merupakan aliran pendapatan utama bagi sebagian besar blogger.

Namun untuk blogger.com memungkinkan penggunanya untuk memonetisasi blog nya.

Namun, jika hal-hal ini tidak mengganggu Anda, berikut adalah ikhtisar cepat dari platform blogging online gratis terbaik.

Situs blog terbaik

WordPress.com - Ini adalah layanan hosting blog dasar gratis yang mudah digunakan. Anda harus memasang iklan WordPress dan pencitraan merek kecuali Anda membayar biaya bulanan, dan Anda tidak dapat memasang iklan di situs Anda. Ada juga opsi terbatas untuk kustomisasi dan ekspansi

Blogger - Layanan hosting blog gratis dari Google, Blogger, sangat mudah digunakan. Namun, opsi penyesuaian dan desain sangat terbatas, dan tidak ada banyak opsi jika Anda ingin menambahkan fitur baru

Medium - Dengan Medium, penekanannya lebih pada penulisan daripada desain, dan digunakan oleh banyak jurnalis, penulis, dan pakar. Ini cara yang bagus untuk berbagi pekerjaan Anda dengan komunitas tertentu, tetapi Anda tidak dapat menjalankan iklan apa pun dan sulit untuk membuat merek pribadi Anda sendiri.

Blogger Professional


Situs Platform Blog Terbaik

Ada juga platform blogger yang berbayar yang merupakan pilihan Terbaik untuk: Blogger sebagai kegiatan bisnis dan mereka yang mencari uang dari blog mereka

Kelebihan: Kontrol penuh atas desain dan kustomisasi, URL kustom Anda sendiri dan kemampuan untuk menggunakan iklan dan tautan afiliasi sesuka Anda

Kekurangan: Anda harus membayar - pertama untuk nama domain Anda (URL) dan kemudian untuk hosting, tetapi kami punya tips untuk menjaga biaya tetap rendah.

Jika Anda tidak terlalu paham teknologi, pemikiran untuk membuat situs web Anda sendiri mungkin tampak cukup menakutkan - tetapi sebenarnya cukup mudah dilakukan, dan Anda dapat membuatnya hanya dalam 20 menit.

Pendiri Bangkhalid.com, telah menulis panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti untuk menunjukkan kepada Anda cara memulai situs web.

Dengan situs web Anda sendiri, Anda akan dapat membuat personal branding yang unik (dengan URL Anda sendiri), dan tidak ada risiko blog Anda dihapus oleh platform - Anda akan memiliki situs tersebut dan berada dalam kendali penuh.

WordPress memiliki sejumlah templat atau 'tema' yang gila untuk Anda pilih - luangkan waktu Anda untuk memutuskan yang cocok dengan kepribadian dan topik blog Anda.

Pilihlah sesuatu yang jelas dan sederhana, dengan ruang untuk gambar besar dan font yang mudah dibaca (font Comic Sans dan Courier tidak boleh diabaikan).

Buat situs web Anda sendiri »

Memilih Niche Blog

Memilih Niche Blog

Ini bisa menjadi bagian yang paling mudah atau paling sulit untuk memulai blog Anda.

Yang paling penting pada tahap ini adalah memilih ceruk yang dapat Anda anggap sebagai otoritas sendiri - kesalahan terbesar yang dilakukan blogger baru dalam blogosphere yang begitu padat adalah memulai blog tanpa mencoba melakukan sesuatu yang mengejutkan atau berbeda.

Misalnya, jika fashion menjadi pilihan Anda, alih-alih menggabungkan konten fashion umum, Anda dapat memadukan kecintaan Anda pada pakaian dengan perhatian besar terhadap lingkungan dengan menulis blog tentang desainer yang sadar lingkungan?

Ini adalah cara terbaik untuk menemukan topik untuk blog baru Anda:


  1. Lihat di blog lain - Ini harus menjadi pelabuhan panggilan pertama Anda. Apa yang sudah berhasil? Dan yang lebih penting, apa yang hilang? Temukan celah di pasar
  2. Gunakan Google - Apa yang dicari orang? Gunakan pencarian yang disarankan Google dan lengkapi otomatis untuk menemukan apa yang dicari orang - jika mereka mencarinya, itu menunjukkan ada permintaan.
  3. Cari forum untuk FAQ umum - Ketika orang tidak dapat menemukan jawaban untuk pertanyaan mereka, mereka pergi ke forum. Apa yang mereka tanyakan? Untuk apa mereka membutuhkan nasihat? Ini akan menunjukkan apa yang membuat orang tertarik dan kurangnya informasi yang tersedia.
  4. Lacak tren saat ini - Topik apa yang ada di media saat ini? Adalah baik untuk memilih topik dengan umur panjang, tetapi jika Anda dapat mendukung tren sejak awal, Anda dapat dengan cepat memantapkan diri Anda sebagai seorang ahli tentang hal itu sebelum orang lain. 
  5. Pencarian #journorequest di Twitter menunjukkan tema apa yang sedang dilaporkan oleh wartawan
  6. Pikirkan tentang berbagai jenis konten - Bisakah Anda melakukan tutorial / panduan bagaimana? Ulasan? Wawancara? Daftar? Mungkin bukan apa yang Anda tulis, tetapi bagaimana Anda menulis yang membedakan Anda.
  7. Identifikasi minat dan gairah Anda sendiri - Meskipun semua hal di atas penting, tidak ada gunanya menulis blog tentang sesuatu yang tidak Anda minati. Anda akan cepat bosan dan orang-orang akan melihat kurangnya antusiasme Anda. 
  8. Tulis tentang sesuatu yang benar-benar Anda pedulikan.
  9. Lihatlah daftar ide bisnis kami yang lengkap untuk Anda coba di universitas - dapatkan jus kewirausahaan Anda mengalir dan bawa uang tunai!

Cara meningkatkan traffic blog Anda

Setelah Anda membuat situs web Anda, buatlah topik blog yang keren dan Anda telah mempublikasikan posting pertama Anda, pertanyaan besarnya adalah - di mana semua pembaca?

Anda tidak bisa hanya berharap orang menemukan blog Anda secara ajaib dan mulai membacanya. Anda harus mempromosikannya!

Berikut adalah cara terbaik dan termudah untuk mendapatkan lebih banyak pembaca untuk blog Anda:
Promosikan blog Anda di media sosial

Promosikan blog Anda di media sosial

Seperti halnya bisnis apa pun saat ini, Anda tidak akan diperhatikan jika Anda tidak memiliki akun media sosial.

Kami merekomendasikan pengaturan halaman / akun untuk blog Anda di Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dan bahkan LinkedIn (toh Anda sebenarnya adalah bisnis Anda sendiri, bukan?). Rancang akun ini dalam skema / tema warna yang mirip dengan blog Anda sehingga merek Anda konsisten dan mudah dikenali.

Gunakan mereka untuk berbagi posting baru dan beri tag sesama blogger / influencer / perusahaan yang mungkin membagikan konten Anda dan bantu untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

Anda juga dapat mencoba-coba beberapa iklan berbayar untuk membantu blog Anda menjangkau audiens yang lebih luas, atau menjalankan kompetisi untuk menghasilkan lebih banyak suka. Setelah Anda mendapatkan pengikut, buat mereka tertarik dengan memposting secara teratur (tidak hanya untuk posting blog baru).

Terhubung dengan blogger lain

Buat diri Anda dikenal oleh orang lain yang menulis blog tentang topik serupa. Terlepas dari kenyataan bahwa Anda secara teknis adalah pesaing, Anda mungkin akan terkejut dengan betapa mendukungnya komunitas blogger.

Banyak blogger bahkan memiliki halaman 'tautan' di situs mereka yang mereka gunakan untuk menautkan ke banyak teman mereka dalam komunitas dengan imbalan tautan di blog Anda sendiri. Ini akan membantu secara besar-besaran dengan SEO Anda (itulah optimasi mesin pencari - seberapa besar kemungkinan blog Anda muncul dalam pencarian Google).

Jika Anda terlibat dengan blogger lain dan membagikan konten mereka, mereka kemungkinan akan membalas budi - Anda bahkan dapat bekerja di beberapa kolaborasi!

Tanggapi Semua hal yang ada di blog anda

Tanggapi Semua hal yang ada di blog anda

Jika terjadi sesuatu dalam berita yang terkait dengan niche Anda, ikutlah terlibat. Ini adalah apa yang kami sebut sebagai 'pembajakan berita' dan ini dapat bekerja untuk membuat Anda mendapatkan paparan yang bagus.

Misalnya, jika Anda menulis blog tentang cara memasak untuk pelajar yang murah, perhatikan hal-hal seperti pengungkapan Survei Uang Siswa terbaru mereka. Siswa mungkin menghabiskan rata-rata 500 ribu sebulan untuk membeli bahan makanan, tetapi Anda dapat memberi tahu mereka cara membelanjakan lebih sedikit (sambil makan makanan yang lebih baik!).

Anda dapat masuk ke media sosial untuk mengatakan bagian Anda dengan tagar yang relevan, terlibat dalam diskusi dan bahkan menghubungi wartawan untuk mengatakan bahwa Anda dapat komentar.

Jika Anda benar-benar hebat dalam memiliki ceruk pasar, wartawan bahkan mungkin mendatangi Anda.

Buat konten viral

Buat konten viral

Membuat konten viral akan membantu Anda mencapai pasar baru dan, pada gilirannya, meningkatkan jumlah pembaca Anda.

Ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi kunci untuk membuat konten viral adalah dengan memasuki topik kontroversial atau sangat dibahas terkait dengan bidang blogging niche Anda - seperti yang dapat Anda bayangkan, ini sering melibatkan pembajakan berita, seperti disebutkan di atas.

Karena ini adalah ceruk pasar Anda, Anda akan bersemangat, memiliki pendapat dan pengetahuan tentang hal itu, sehingga Anda dapat memposting pendapat yang ingin dibaca, dibagikan, dan dibicarakan orang.

Cara menghasilkan uang dari blogging

Setelah blog Anda aktif dan berjalan, Anda dapat (akhirnya!) Mulai mencari cara untuk mendapatkan keuntungan darinya.

Ini adalah cara terbaik dan termudah untuk menghasilkan uang sebagai blogger:


Pemasaran afiliasi berfungsi dengan menambahkan tautan afiliasi yang terlacak ke dalam teks blog Anda. Anda dapat membuat komisi kecil setiap kali pembaca mengklik ke situs yang Anda rekomendasikan dan melakukan pembelian.

Tautan tersebut akan mengarahkan pembaca ke situs web merek, dan uang yang Anda terima adalah untuk mengucapkan 'terima kasih' karena mengirim beberapa pembaca yang baik ke situs mereka.

Hampir semua situs web eCommerce online memiliki semacam program afiliasi, seperti Amazon, Topshop, ASOS, dan Apple.

Mendaftar ke Jendela Afiliasi - jaringan afiliasi besar tempat Anda dapat mempromosikan ribuan merek dan layanan terkenal dari seluruh dunia.

Salah satu blogger dari inggris mengatakan :

Kami terutama menggunakan pemasaran afiliasi sebagai sumber utama pendapatan kami, meskipun ada juga Google AdSense di sana untuk tambahan penghasilan ekstra setiap bulan.
Pemasaran afiliasi sangat cocok bagi banyak blogger. Seperti yang disarankan Ceri Jones dari ceriwrites.com:

Sebagai seorang blogger, Anda selalu merekomendasikan produk dan layanan kepada pembaca Anda. Banyak perusahaan menawarkan program afiliasi sehingga sangat mudah untuk menemukan program yang relevan untuk bergabung dan mulai mendapatkan komisi.

Kuncinya adalah menjadi otentik dan asli dengan pemasaran afiliasi. Tulis ulasan dan artikel dengan opini jujur ​​Anda dan hanya mendorong pembaca Anda untuk membeli sesuatu jika Anda pikir itu adalah produk atau layanan yang bagus untuk mereka.

Tambahkan iklan banner ke situs web Anda

Sebagai cara pengiklanan yang lebih visual, Anda dapat menjual ruang iklan banner di halaman blog Anda ke merek yang berhubungan dengan pembaca Anda.

Iklan dapat ditempatkan di mana saja, tetapi biasanya ditemukan di bagian atas halaman blog atau di bilah sisi.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan satu dari dua cara. BPK (biaya per klik) berarti Anda akan mendapatkan pembayaran yang ditetapkan untuk setiap pembaca yang mengklik iklan, sedangkan CPM (biaya per seribu) berarti Anda akan menegosiasikan pembayaran yang ditetapkan untuk setiap 1.000 ‘tayangan’ yang diperoleh iklan.

Dengan pertumbuhan plugin AdBlocker, BPK dan CPM bisa rendah, tetapi tergantung pada industri Anda, dan ada sedikit bahaya dalam mencobanya.

Cara cepat untuk memulai adalah membuat akun dengan Google AdSense.

Guest Post

Menurut blogger yang kami ajak bicara, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menawarkan peluang konten yang disisipi backlink. Atau istilah ini kerap dikenal dengan content replacement atau Guest Post. Ini pada dasarnya adalah iklan dalam bentuk artikel atau posting blog berbayar.

Sebagai contoh, jika Adidas mengeluarkan garis pakaian renang baru dan Anda memiliki blog tentang pakaian olahraga wanita, mereka mungkin menawarkan untuk membayar Anda untuk menulis artikel tentang kisaran pakaian mereka. Anda juga dapat menambahkan beberapa tautan afiliasi di atas.

Metode monetisasi ini biasanya bekerja paling baik ketika Anda memiliki pemirsa yang banyak. Setelah Anda mengembangkan jumlah pembaca Anda, merek-merek akan sering mendatangi Anda untuk membahas posting yang disponsori.

Seperti yang dikatakan Kenzie Harvey :

Saya hanya pernah memiliki peluang konten sponsor yang datang kepada saya melalui perusahaan PR, baik secara langsung atau melalui aplikasi seperti agen Instagram Takumi.

Biaya untuk posting media sosial yang disponsori

Jika Anda memiliki kehadiran media sosial yang kuat, Anda akan sangat menarik bagi merek. Beberapa orang benar-benar membuat seluruh penghasilan blogging mereka melalui posting disponsori di media sosial. Anda dapat mengenakan biaya per posting / posting ulang dan biayanya bisa sangat tinggi.

Anda hanya perlu bekerja keras untuk membangun pengikut Anda terlebih dahulu - 'bukti sosial' Anda (atau berapa banyak orang yang mengikuti Anda di media sosial) dilihat oleh merek sebagai bukti bahwa pembaca akan menyukai apa yang Anda posting tentang mereka juga.

Jual produk digital di blog Anda


Jika Anda memiliki keterampilan atau saran untuk ditawarkan, opsi lain adalah membebankan biaya untuk akses ke eBuku, tutorial video, kursus, atau lokakarya.

Agar opsi ini berfungsi, Anda harus dapat menunjukkan kepada Anda apa yang Anda lakukan dengan sangat baik, atau bahwa konten Anda telah terbukti sangat berharga. Ini tidak mudah.

Mungkin cukup sulit untuk meyakinkan komunitas online untuk membayar, karena ada kecenderungan bagi orang-orang untuk berpikir semuanya online harus gratis. Pantas untuk dicoba, bukan?

Personal Branding sebagai Blogger

Menggunakan blog Anda untuk mempromosikan bisnis Anda sendiri atau bahkan mendapatkan pekerjaan sendiri adalah cara lain (walaupun tidak langsung) untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan blog Anda.

Jika Anda salah satu dari sekian banyak siswa yang menjual barang secara online, blog Anda adalah platform yang sempurna untuk mempromosikan apa yang Anda tawarkan (walaupun tidak terlalu sulit, atau Anda akan menunda pembaca).

Anda juga dapat menggunakan blog Anda sebagai semacam profil online - Anda dapat membangun kredibilitas Anda di sana, menunjukkan keahlian Anda dan mudah-mudahan mendapatkan pekerjaan yang baik darinya.

Pikirkan seperti ini: blog Anda seperti bisnis kecil Anda sendiri, dan dengan menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda dapat melakukan ini dengan sukses, Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki pemikiran kewirausahaan, dan tahu bagaimana mencapai kesuksesan dengannya .

Untuk lebih banyak ide tentang bagaimana Anda dapat memanfaatkan situs web Anda dengan baik, lihatlah cara cara ini untuk menghasilkan uang dari situs web.

Tantangan terbesar saat memonetisasi blog

Tantangan terbesar saat memonetisasi blog

Tidak ada yang layak didapat tanpa kerja keras dan beberapa tantangan.

Berada di bawah ilusi bahwa monetisasi blog membutuhkan waktu. Banyak blogger hanya menghasilkan uang dari memonetisasi blog mereka setiap bulan - dan ini setelah bekerja di blog mereka untuk sementara waktu.

Untuk memiliki peluang menciptakan penghasilan penuh waktu melalui blogging, sekali lagi, Anda harus memiliki beberapa aliran pendapatan dari berbagai sumber. Mendapatkan uang dari blog membutuhkan waktu dan bergantung pada Anda memiliki traffic. Semakin banyak pembaca yang Anda miliki, semakin menarik Anda bagi pengiklan.

Seperti yang disarankan Olli dari The Coco Creativ:

Saya memiliki banyak blog yang berbeda sepanjang perjalanan blogging saya dan bagian yang paling menantang dari memonetisasi selalu mengenai langkah Anda. Anda harus menemukan metode monetisasi yang tepat untuk Anda.

Jika seseorang menawarkan kursus $ 900, itu tidak berarti Anda harus mengambilnya; ketika Anda menemukan metode Anda, Anda akan mulai menghasilkan uang.

Banyak blogger memutuskan untuk menghasilkan uang sejak awal dalam perjalanan blogging mereka. Blogger Urszula Makowska menjelaskan:

Saya mulai ngeblog [...] ketika saya masih kuliah. Saya memutuskan untuk menguangkan blog saya karena saya menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk membuat posting, membayar fotografer untuk pemotretan, dan saya juga ingin menjadi blogger penuh waktu. Saya suka blogging dan saya ingin mengikuti hasrat saya untuk membuat karir penuh waktu di blogging; itu membawa saya kebahagiaan.

Tantangan besar lain yang dihadapi oleh blogger adalah kompetisi. Kelle, dari situs web lifestyle It's Kelle’s Space, menyarankan:

Ini tantangan yang bersaing dengan begitu banyak blogger di ceruk yang sama dengan saya untuk mendapatkan peluang; kerja untuk blogger cukup langka.

Pasar blog dipenuhi dengan banyak calon blogger yang berjuang untuk dilihat. Namun, jika dikerjakan dengan dedikasi dan konsistensi, itu baru bisa berhasil.

Ceri Jones menambahkan:

Blogging jelas merupakan suatu tantangan karena dibutuhkan banyak komitmen dan konsistensi untuk dapat menghasilkan uang dengan benar. Satu-satunya hal yang saya sesali adalah tidak memulai lebih awal.

Bisakah Anda benar-benar menghasilkan uang dari blogging?

Seperti yang telah kita lihat, jawabannya adalah ya! Tetapi berapa banyak uang yang Anda dapat dari blogging adalah variabel. Itulah sifat memonetisasi blog pada awalnya, namun seiring waktu blogger dapat melakukannya dengan sangat baik.

Mendapatkan uang dari blog membutuhkan waktu dan bergantung pada Anda memiliki traffic. Semakin banyak pembaca yang Anda miliki, semakin menarik Anda bagi pengiklan.

Untuk mendapatkan penghasilan yang layak dari blogging, pikirkan tentang memiliki beberapa aliran pendapatan yang berasal dari sumber yang berbeda dan melalui cara yang berbeda.

Lihatlah fakta-fakta pajak yang sangat penting ini - hal tersebut akan berguna ketika Anda mulai menghasilkan uang dari blogging.

Post a Comment for "Cara berpenghasilan dari blogger Lengkap dan Terbukti!"